Tim KKN UGM Kala Semen, Mengabdi dengan Hati, Membangun dengan Aksi

Tim KKN UGM Kala Semen, Mengabdi dengan Hati, Membangun dengan Aksi
info gambar utama

Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Gadjah Mada sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di tiga desa Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Tim Kala Semen menjunjung Tema Besar Unit tentang “Pengembangan Wisata Andalan Kabupaten Kediri di Selingkar Wilis Desa Selopanggung, Desa Joho, dan Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri”. Kegiatan KKN -PPM UGM ini dilaksanakan untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada. Di mana salah satu pilarnya adalah pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan pengetahuan dari perguruan tinggi kepada masyarakat. Terkhususnya, masyarakat setempat di Desa Puhsarang, Desa Selopanggung, dan Desa Joho Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Diharapkan, 30 mahasiswa yang sedang mengabdi mampu memberikan program kerja yang berdampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat di tiga desa ini.

Program KKN-PPM UGM dilaksanakan pada 1 Juli—19 Agustus 2024 atau selama 50 hari pengabdian. Tema besar kegiatan KKN-PPM UGM periode ini berfokus pada tiga hal, yaitu memetakan masalah pangan, memberikan solusi baik akses sumber daya maupun ketersediaan serta ketercukupan sumber pangan. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan menggiatkan kegiatan-kegiatan untuk pelestarian lingkungan dan keberlanjutan sebagai respon dampak perubahan iklim.

Dalam pengarahan yang diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc., kepada 7.162 mahasiswa peserta KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2024, beliau menekankan pentingnya mahasiswa memahami aspirasi dan potensi masyarakat di lokasi KKN.

Unit Derawan Menawan KKN PPM UGM Menyambut Kedatangan Kemenparekraf RI

Basuki juga mengingatkan agar mahasiswa menjaga nama besar UGM dan mengabdikan ilmu untuk rakyat, serta menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia Emas 2045 yang tangguh

Upacara penerimaan mahasiswa KKN-PPM UGM Kala Semen Periode II Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2024 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Nasih Widya Yuwono, S.P., M.P.

Plt Camat Semen, Anto Riandoko S.sos, M.M, berharap besar kepada mahasiswa KKN-PPM UGM yang melaksanakan program di wilayahnya. Harapan ini sejalan dengan semangat UGM dalam mengabdikan ilmu untuk kemajuan masyarakat dan memajukan potensi desa.

Program kerja KKN-PPM UGM yang dilaksanakan telah dirancang dan disesuaikan dengan SDGs. Selain itu, juga dirancang untuk memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa selama di kampus.

Potensi Alam di Tiga Desa Kecamatan Semen

Karena mempunyai potensi pengembangan yang cukup besar, menjadikan tiga desa di Kecamatan Semen, yaitu Desa Puhsarang, Desa Selopanggung, dan Desa Joho menjadi lokasi pengabdian mahasiswa KKN PPM UGM Kala Semen Tahun 2024.

Ketiga desa tersebut memiliki potensinya masing–masing, yang mana mempunyai peluang untuk dikembangkan. Salah satunya adalah pada bidang agrikultur dan potensi pengembangan wisata.

Terlebih lagi, lokasi tersebut dianugerahi dengan potensi keindahan bentang alam. Sebab itu, sangat cocok untuk dikembangkan lebih lanjut.

Desa Puhsarang terkenal dengan wisata religinya, yaitu memiliki Goa Maria Puhsarang. Goa tersebut berada di satu kompleks dengan Gereja Katolik Santa Maria yang memiliki struktur bangunan arsitektur yang unik.

Selain itu, di Desa Selopanggung menyimpan komoditas unggulan kawasan agropolitan dengan hasil ubi kayu dan bunga rosella.

KKN UGM 2024 Terjunkan Ribuan Mahasiswa, Pecah Rekor MURI

Ada juga saluran irigasi yang lancar yang membuat air tersedia sepanjang tahun. Desa ini juga mempunyai objek wisata alam seperti hutan pinus yang cukup ramai dan situs Makam Tan Malaka.

Begitu juga dengan Desa Joho yang terletak di lereng gunung dengan kapasitas wisata alamnya yaitu Sumber Podang, Taman Kelir dengan background pegunungan yang asri dan menawan, serta madu asli dari Joho yang terkenal menjadi produk unggulan Desa Joho.

Dengan semangat dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan mahasiswa KKN-PPM UGM di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, dapat memajukan potensi desa dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini