Ini Dia Tema dan Logo HUT ke-79 RI, Makna dan Filosofinya Mendalam!

Ini Dia Tema dan Logo HUT ke-79 RI, Makna dan Filosofinya Mendalam!
info gambar utama

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) resmi mengeluarkan tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI). Apa tema dan logo HUT ke-79 RI kali ini? Bagaimana makna dan filosofinya?

Peluncuran tema dan logo ini bertujuan untuk mempermudah arah perencanaan dan penyusunan kegiatan.

Dari situs resmi Kemensetneg RI, pemilihan tema dan logo Logo HUT ke-79 RI ini merupakan hasil kerja sama antara Kemensetneg RI dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Tema, makna dan filosofi peringatan HUT ke-79 RI

Tema besar untuk peringatan HUT ke-79 RI adalah ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

Pemilihan tema ini bukan tanpa maksud. Peringatan HUT RI kali ini juga merupakan batu loncatan besar bagi bangsa Indonesia, di mana pada usia ke-79 ini Indonesia mengalami tiga transisi penting.

Tiga transisi tersebut antara lain, menyongsong ibu kota baru, pergantian estafet kepemimpinan Indonesia, serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Logo HUT ke-79 RI, makna serta filosofinya

Logo dan makna HUT ke-79 RI
info gambar

Dari tema besar yang sudah dibuat, maka identitas visual HUT ke-79 harus saling berkesinambungan.

Pada logo HUT ke-79 RI kali ini, terdapat sisipan harapan agar Indonesia dapat terus menunjukkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Dalam perjuangan yang baru ini, negara tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya.

Selain itu, terdapat 3 karakter visual yang diharapkan dapat terwujud demi menyongsong masa depan Indonesia yang lebih maju, di antaranya:

1. Luwes dan Adaptif

Luwes dalam konteks visual bersifat adaptif yang berarti dapat mengikuti lingkungan sekitar seperti likuid.

Hal ini mencerminkan pembangunan Indonesia yang beradaptasi dengan alam dan mempertahankan sumber daya yang ada.

Baca juga: Pembangunan Bandara VVIP IKN Dikebut Jelang HUT RI Ke-79, Bagaimana Progresnya?

2. Berkaitan

Indonesia terdiri dari berbagai adat yang berbeda. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan sifat persatuan. Justru hal ini akan semakin mengisi kekosongan dengan saling melengkapi satu sama lain.

3. Kokoh dan Seimbang

Meskipun adaptis, Indonesia diharapkan tetap memiliki pondasi yang kokoh dan pertahanan yang kuat. Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara semua bidang dalam kabinet demi menjalankan visi dan misi Indonesia di masa depan.

Konsep Visual Logo

Terdapat 7 makna dari visual logo HUT ke-79 RI, apa saja?

1. Negara Kepulauan

Angka 79 dibentuk dari beberapa bagian yang merupakan satu kesatuan yang berkaitan. Hal ini menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang Negara

Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, yang merupakan lambang negara dan memiliki salah satu pilar kebangsaan, yakni Pancasila. Selain itu, bagian ini juga melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat bagian angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas. Bagian ini menjadi simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor demi memenuhi misi Indonesia dan menggerakkan ekonomi bangsa.

4. Keberlanjutan

Logo kemerdekaan tahun ini juga bermakna saling terhubung antara satu dengan lainnya. Hal ini menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Baca juga: PLN Jamin Pasokan Listrik untuk HUT RI di IKN Aman

5. Ekonomi Hijau

Terdapat visualisasi daun pada logo 9 di angka 79 yang bermakna prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan memperhatikan akar budaya dan identitas.

6. Persatuan dan harapan

Sebagai negara majemuk, sudah sepatutnya Indonesia memiliki rasa persatuan yang mendalam. Walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda, persatuan tetap menjadi identitas khas masyarakat Indonesia.

7. Kesetaraan

Indonesia memiliki tujuan untuk desentralisasi dan meratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Sudah siap menyambut HUT ke-79 RI?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firda Aulia Rachmasari lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firda Aulia Rachmasari.

FR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini