Unit Derawan Menawan KKN PPM UGM Menyambut Kedatangan Kemenparekraf RI

Unit Derawan Menawan KKN PPM UGM Menyambut Kedatangan Kemenparekraf RI
info gambar utama

Universitas Gadjah Mada pada periode II tahun 2024 menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sebanyak 7.162 mahasiswa yang menyebar di 35 provinsi di Indonesia. Upacara penerjunan dilaksanakan pada tanggal (28/6/2024).

Unit Derawan Menawan (instagram @derawan.menawan) merupakan salah satu unit KKN yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Kecamatan Pulau Derawan. Sebanyak 30 mahasiswa tergabung di dalamnya. Mereka disebar di tiga desa, yaitu Kampung Pulau Derawan, Teluk Semanting, dan Kampung Kasai.

Unit Derawan Menawan KKN PPM UGM

Unit tersebut berangkat melalui bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada Minggu sore (30/5/2024) dan landing di Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb malam harinya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Septiana Dwiputri Maharani selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) telah memastikan kerja sama penjemputan mahasiswa oleh Kagama Berau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau menuju masing-masing lokasi kampung.

KKN UGM 2024 Terjunkan Ribuan Mahasiswa, Pecah Rekor MURI

Sub Unit Kampung Pulau Derawan sampai di lokasi pada pukul 13.30 WITA hari Senin (1/7/2024). Mahasiswa selanjutnya langsung berkoordinasi dengan Kepala Kampung, Indra Mahardika, S.E. Kemudian, sorenya pukul 16.30 WITA mereka langsung membersihkan sampah di lokasi utama di mana akan berlangsung kegiatan esok hari, yaitu landmark.

Saat aktivitas berlangsung, mahasiswa didampingi oleh Perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Asri Toldo.

Dalam kesempatannya, mahasiswa KKN Derawan Menawan ikut berkontribusi dalam kunjungan dinas terkait penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Diketahui bahwa Kampung Pulau Derawan masuk dalam 50 besar penghargaan ADWI.

Unit Derawan Menawan KKN PPM UGM

Mahasiswa KKN UGM Derawan Menawan melakukan penyambutan Kemenparekraf, Sandiaga Uno, di depan dermaga bersama dengan masyarakat setempat (2/7/2024).

“Salam untuk KKN UGM pariwisata berkualitas, berkelanjutan, dan mendunia,” tegasnya ketika ditanya pesannya untuk anak KKN UGM oleh salah satu perwakilan tim.

Saat sesi sambutan, Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd, mengatakan “Pemerintah daerah selalu mendukung dan berniat supaya sumber daya yang dikembangkan di sektor pariwisata akan dikelola di seluruh kampung Kabupaten Berau."

“Penanganan abrasi harus ditangani sehingga perlu mendapatkan support dari provinsi dan pusat untuk menanggulangi agar Pulau Derawan tidak tenggelam,” tambahnya lagi. Ia menambuhkan mengenai permasalahan utama di Kampung Pulau Derawan itu.

Diketahui bahwa kawasan wisata tersebut sudah mendunia dan banyak turis mancanegara yang datang k esana. Namun, isu terbesar adalah abrasi yang berpotensi menenggelamkan pulau tersebut. Oleh karena itu, isu itu harus mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak terkait.

Bersama Masyarakat, Tim KKN-PPM UGM Kelana Kendal Optimalkan Potensi UMKM di Desa Majasem

“Terdapat dana alokasi khusus ke Kabupaten Berau untuk penguatan kawasan pariwisata,” sebut Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tersebut. Informasi ini tentunya menjadi kabar baik bagi pemerintah setempat.

Sementara itu, Kemenparekraf RI mengatakan sangat terkesan dan mudah-mudahan kunjungan tersebut bisa menjadi pengobat rindu baginya. “Kita ingin program ini berkelanjutan dan ingin lokasi ini (Pulau Derawan) menjadi desa wisata terbaik di dunia.”

Mahasiswa KKN berkesempatan berbincang dan berfoto dengan Sandiaga Uno. “Apa nama desa wisata terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia tahun 2021?” tanya beliau kepada mahasiswa di depan para tamu undangan yang hadir.

“Desa Wisata Nglanggeran, Bapak,” jawab Mahendra Aditya Susilo selaku salah satu mahasiswa KKN UGM dari Program Studi Bisnis Perjalanan Pariwisata. Pernyataan ini kemudian disambut tepuk tangan dari para hadirin.

“Iya benar, Pulau Derawan harus bisa seperti Desa Wisata Nglanggeran yang mendunia,” tambah Sandiaga Uno.

Kesempatan tersebut menjadi momen yang berharga bagi mahasiswa KKN PPM UGM Unit Derawan Menawan. Mereka berharap kontribusi yang diberikan dapat bermanfaat untuk pemerintah kampung dalam mendapatkan penilaian sebagai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Solusi Inovatif KKN-PPM UGM Kelana Kendal Manfaatkan Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Referensi:

https://pengabdian.ugm.ac.id/2024/07/01/7-126-mahasiswa-ugm-ikuti-upacara-penerjunan-kkn-ppm-periode-2-tahun-2024-dilepas-oleh-menteri-pekerjaan-umum-dan-perumahan-rakyat-republik-indonesia/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini