Indonesia Punya Bandara Terbaik Kedua di ASEAN

Indonesia Punya Bandara Terbaik Kedua di ASEAN
info gambar utama

Dunia aviasi tanah air kembali berprestasi. Survei Skytrax 2024 yang berbasis di Inggris resmi menobatkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) menjadi bandara terbaik ke-28 dunia. Peringkat ini naik cukup drastis dibandingkan tahun sebelumnya, di mana Indonesia harus puas berada di posisi 48.

Dengan peringkat ini, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara yang memiliki bandara terbaik di Kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, peringkat pertama masih dipegang Bandara Changi Singapura dengan menduduki posisi kedua global. Peringkat Singapura justru turun dibandingkan tahun sebelumnya yang sempat menduduki posisi pertama di dunia.

Survei Skytrax ini dilakukan berdasarkan beberapa tolak ukur, seperti standar website bandara, kemudahan akses menuju dan kembali ke bandara, kenyamanan, ketersediaan troli bagasi, imigrasi, dan sebagainya.

Baca juga: Misteri Bandara Nusawiru Pangandaran, Jadi Lokasi Kongkow Jin Se-Pulau Jawa

Tingkatkan Fasilitas Publik

Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil melampaui bandara-bandara di negara maju, seperti Houston Hobby di Texas, Amerika Serikat, dan Paris Orly di Prancis yang masing-masing menduduki peringkat 29 dan 30.

Naiknya peringkat CGK dalam peringkat pelayanan global membuktikan bahwa bandara di Indonesia mulai berbenah. Hal ini menunjukkan, semakin banyak fasilitas publik yang diberikan oleh pihak bandara demi kenyamanan penumpang.

Beberapa fasilitas publik yang dapat digunakan calon penumpang di antaranya, airport game station, co-working space, charging area, kid zones, hingga restarea. Seluruh fasilitas tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh calon penumpang.

Selain itu, integrasi transportasi menuju bandara juga semakin mudah. Melalui akun resmi Bandara Soekarno-Hatta, calon penumpang dapat menggunakan Kereta Bandara atau Kereta Api Melayang (Kalayang). Calon penumpang juga dapat melihat jadwal keberangkatan kereta melalui website milik bandara.

Berbagai macam informasi seperti prosedur keberangkatan dan kedatangan, bagasi, visa dan imigrasi, dan lain sebagainya dapat dengan mudah diakses melalui situs resmi Bandara CGK.

Baca juga: Bandara IKN Segera Beroperasi pada 1 Agustus 2024

Sebelumnya, pada survei yang berbeda, Bandara Internasional Soekarno Hatta juga sempat menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara pada periode Idul Fitri 2024 lalu. Kapasitas penumpangnya mencapai 3.348.243 kursi.

Selain CGK, Indonesia juga miliki satu bandara internasional terbaik di dunia. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) berhasil menduduki peringkat 74 dunia, naik 6 peringkat di tahun sebelumnya.

Di Kawasan ASEAN, DPS menduduki peringkat kelima, setelah Bangkok Suvarnabhumi International Airport dan Kuala Lumpur International Airport.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firda Aulia Rachmasari lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firda Aulia Rachmasari.

Terima kasih telah membaca sampai di sini