KKNT 03 MBKM UPNVJT Melakukan Acara Perpisahan dengan Masyarakat Desa Musir Lor

KKNT 03 MBKM UPNVJT Melakukan Acara Perpisahan dengan Masyarakat Desa Musir Lor
info gambar utama

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur melakukan (UPNVJT) telah melaksanakan salah satu tridarma peruguran tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Bukan hanya dosen, mahasiswa dilibatkan dalam melakukan pengabdian masyarakat.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur mengadakan kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang diselenggarakan dari bulan Maret—Juni 2024.

Kuliah kerja nyata diselenggarakan di daerah Nganjuk dan daerah Jombang. Salah satu kelompok yang melaksanakan kuliah kerja nyata tematik MBKM adalah kelompok 3 yang berlokaso di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM telah melakukan pengabdian masyarakat dari bulan Maret hingga bulan Juni. Kuliah kerja nyata tematik MBKM kelompok 3 mengambil tema SDG's dengan mengambil 4 tema, yaitu pendidikan berkualitas, kawasan pemukiman aman dan nyaman, desa tanpa kelaparan, dan yang terakhir yaitu pertumbuhan ekonomi desa merata.

Dengan SDG's yang telah diambil, KKNT MBKM Kelompok 3 mengambil beberapa program kerja. Ragam program tersebut adalah literasi untuk SD, sosialisasi literasi untuk guru SD, pelatihan mengetik menggunakan Microsoft Word kepada anak SD, pembuatan pakan ternak menggunakan sekam padi, pembuatan pupuk organik cair, sosialisasi hidroponik, pemberdayaan UMKM, sosialisasi ide bisnis kripik kaca, dan yang terakhir sosialisasi ide bisnis kripik jagung.

Kegiatan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Diharapkan program kerja yang telah dilaksanakan dapat memberikan efek keberlanjutan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Musir Lor.

Setelah melaksanakan program kerja, tibalah pada acara perpisahan pada KKNT Kelompok 3 Desa Musir Lor dengan masyarakat Desa Musir Lor. Perpisahan yang dilakukan pada tanggal 26 Juni 2024 dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat, seperti masyarakat, kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Petani, Guru, dan Perangkat Desa.

Perpisahan dilakukan secara hikmat dengan acara pemotongan tumpeng. Setelah itu, dilanjutkan oleh pembagian berkat kepada hadirin yang menghadiri kegiatan perpisahan KKNT MBKM Kelompok 3.

Salfa Risdalina, ketua kelompok mengatakan, “Semoga dengan adanya Kuliah Kerja Nyata yang diadakan di Desa Musir Lor dapat membangun Desa Musir Lor menjadi lebih baik lagi. Terlebih ikatan yang telah dijalankan selama 3 bulan juga jangan sampai putus.”

Salfa Risdalina juga berharap program kerja yang telah dilaksanakan dapat berkelanjutan sehingga program kerja yang dilaksanakan tidak akan berhenti pada saat kuliah kerja nyata kelompok 3 berakhir.

Sosialisasi Ide Bisnis UMKM, Pemaparan Tahapan Pembuatan Keripik Kaca oleh KKNT 03 UPNVJT

Dikarenakan program kerja yang telah dilaksanakan oleh KKNT MBKM kelompok 3 memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya dapat menjadikan Desa Musir Lor menjadi Desa yang lebih baik lagi.

Selain itu, Salfa Risdalina juga berterima kasih kepada masyarakat Desa Musir Lor yang selalu mendukung program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok 3 KKNT MBKM Desa Musir Lor

Diharapkan dengan adanya kuliah kerja nyata dari UPN Veteran Jawa Timur dapat memberikan manfaat yang bersifat keberlanjutan bagi masyarakat Desa Musir Lor. Pengabdian masyarakat di Desa Musir Lor yang terlaksana dengan baik dapat menimbulkan keharmonisan yang berlanjut bagi masyarakat serta anggota kelompok 3 KKNT MBKM.

Dengan berakhirnya masa kuliah kerja nyata, berakhirnya juga keberlangsungan kelompok 3 di Desa Musir Lor. Tim mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Desa Musir Lor yang telah mendukung serta membantu dalam melaksanakan program kerja dalam KKNT MBKM Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Sosialisasikan Ide Bisnis Keripik Jagung di Desa Musir Lor

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini