10 Rekomendasi Pantai di Tulungagung, Masih Asri dan Menenangkan!

10 Rekomendasi Pantai di Tulungagung, Masih Asri dan Menenangkan!
info gambar utama

Untuk menghabiskan waktu liburan dan menghilangkan penat, ada banyak pantai di Tulungagung yang cocok dijadikan tujuan. Tulungagung sendiri merupakan sebuah kota di Jawa Timur dan terkenal akan keindahan alamnya dan sebagai kota penghasil marmer terbaik di Indonesia.

Sayangnya hingga saat ini belum banyak orang yang mengetahui lokasi pantai bagus di daerah Tulungagung. Padahal di daerah ini terdapat banyak sekali pantai dengan suasana yang menenangkan karena keasriannya mulai dari Watu Lumbung, Kedung Tumpang, Banyu Mulok, dan masih banyak lagi.

10 Pantai di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pemandangan pantai cantik Tulungagung memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan. Selain menawarkan keindahan, lokasinya juga cukup mudah untuk dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Berikut beberapa rekomendasi pantai di Tulungagung paling cantik yang masih asri dan wajib untuk Kawan kunjungi.

Pantai Gemah

Jika ingin melihat pemandangan laut lepas yang terlihat luas secara langsung, Pantai Gemah bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata yang satu ini merupakan bagian dari lautan yang menjorok ke daratan. Lokasinya terletak di Desa Keboireng yang termasuk area dataran rendah dan hanya berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Tulungagung.

Pantai Gemah bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis transportasi seperti motor, mobil, bahkan bus. Biaya inti yang perlu disiapkan saat berkunjung kesini hanya tiket masuk seharga Rp5.000-Rp10.000 dan biaya parkir saja. Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap mulai dari penyewaan ATV, penyewaan motor trail, banana boat, dan masih banyak lagi.

Pantai Dadap

Destinasi berikutnya yang wajib Kawan kunjungi saat berada di Tulungagung adalah Pantai Dadap. Pantai ini termasuk salah satu yang masih asri dan belum diketahui oleh banyak orang, jadi suasananya masih sepi dan menenangkan. Lokasinya berada di Kecamatan Besuki Desa Gerbo, jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Untuk menghabiskan waktu di salah satu hidden gems di Tulungagung ini Kawan hanya perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp5.000. Dimana harga tiket ini sudah termasuk untuk mengakses Pantai Coro, Pantai Popoh, dan Reco Sewu yang lokasinya memang berdekatan dengan Pantai Dadap.

Sementara biaya lain yang dikenakan adalah biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata cukup lengkap seperti area parkir, kamar mandi, mushola, dan beberapa tempat penginapan.

Pantai Watu Lumbung

Pantai di Tulungagung berikutnya yang tidak kalah cantik adalah Pantai Watu Lumbung. Sama seperti Pantai Dadap, Watu Lumbung juga termasuk salah satu wisata yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi saat berada di sini, Kawan bisa merasakan sensasi seperti berada di pulau pribadi.

Terdapat bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai dengan batu karang terbesar menyerupai lumbung yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini.

Dengan eksotisme yang disuguhkan, ada banyak kegiatan yang bisa Kawan lakukan mulai dari menyusuri pantai, berburu foto instagramable, hingga menikmati sunset yang menakjubkan.

Lokasi Pantai Watu Lumbung terletak di Terletak di Kecamatan dan Desa Pucanglaban. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Kawan hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5.000 dan biaya parkir untuk motor seharga Rp3.000 dan mobil seharga Rp5.000.

Tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti beberapa kedai makanan, area parkir luas, mushola, dan toilet.

Pantai Kedung Tumpang

Selanjutnya ada Pantai Kedung Tumpang dengan keistimewaan bentang alam yang dimilikinya. Wisata alam satu ini memiliki keindahan yang terkenal baik di kalangan turis lokal maupun internasional. Keistimewaan pantai ini adalah adanya kolam renang alami atau laguna di kawasan tersebut. Lokasi pantai dengan laguna ini berada di Desa Pucanglaban dan diapit oleh tiga pantai yakni Pantai Glogok di sebelah barat serta Pantai Molang dan Pantai Lumbung di sebelah timur.

Kabar baiknya, akses masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Kawan hanya harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 jika membawa kendaraan. Terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai menu lezat.

Pantai Kedung Tumpang berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat Tulungagung. Kawan bisa mengarahkan kendaraan ke Desa Pucanglaban dengan melalui Jalan Pesantren dan Jalan Selorejo dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam saja.

Pantai Coro

Masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Dadap, Pantai Coro merupakan surga tersembunyi lainnya yang layak Kawan kunjungi.

Pantai Coro terkenal dengan pemandangan yang indah dengan pasir putih yang lembut. Untuk memasuki wisata ini Kawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.

Lokasi Pantai Coro terletak di Kecamatan Besuki Desa Besole dan jaraknya hanya sekitar 35 kilometer dari pusat kota. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah area parkir luas, mushola, toilet umum, dan warung wisata. Selama di sini Kawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti camping, berburu biota laut, atau bermain di tepian pantai.

Pantai Banyu Mulok

Pantai Banyu Mulok merupakan wisata alam hits Tulungagung yang terletak di Kecamatan Besuki Desa Gerbo. Lokasi wisata alam ini berdekatan dengan Pantai Coro dan tiket masuknya hanya Rp5.000. Untuk menuju ke tepi pantai, Kawan harus berhati-hati karena lokasinya yang lumayan curam.

Beberapa fasilitas yang bisa Kawan temukan di Pantai Banyu Mulok di antaranya adalah toilet, mushola, dan warung. Ciri khas yang terkenal dari wisata alam ini adalah pemandangan luasnya Samudera Hindia dari Tulungagung, pelangi, dan deburan ombak yang tenang.

Pantai Popoh

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit yang cantik di Tulungagung, langsung saja berkunjung ke Pantai Popoh. Pantai di Tulungagung ini berada di kawasan Jalan Raya Pantai Prigi Kecamatan Besuki. Tebing yang ada di sekitar pantai juga membuat pemandangan jadi terlihat semakin cantik.

Terdapat Reco Sewu atau Seribu Arca yang menjadi daya tarik utama di pantai ini. Bangunan yang ada di gerbang masuk kawasan pantai ini memiliki aura magis yang cukup kuat karena dianggap sebagai gerbang laut selatan.

Banyak kegiatan yang dapat Kawan lakukan disini seperti bermain di tepian pantai, berenang, berselancar, snorkling, atau menyewa perahu. Biaya tiket masuk Pantai Popoh sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000 per orang. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti mushola, tempat parkir, kamar mandi, dan warung makan.

Pantai Molang

Untuk Kawan yang suka berpetualang di alam, Pantai Molang di Tulungagung adalah wisata yang harus dikunjungi. Pantai ini terletak di area Pegunungan Pucanglaban dengan perkebunan di sekitarnya. Jika ingin berkunjung ke sini sebaiknya gunakan kendaraan seperti motor karena rutenya yang berkelok dan cukup curam.

Pantai Molang sendiri terletak di Kecamatan dan Desa Pucanglaban, untuk masuk Kawan tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis. Selain berpetualang, Kawan bisa menikmati pemandangan pasir putih, tebing dengan pepohonan hijau, dan air laut yang jernih.

Pantai Godeg

Pantai bagus di daerah Tulungagung lainnya yang juga tidak memerlukan tiket masuk adalah Pantai Godeg. Wisata alam yang terletak di Kecamatan Nanggung Desa Ngrejo ini dibuka selama 24 jam. Untuk berkunjung ke sini sebaiknya gunakan motor untuk transportasi karena jalanan menuju lokasi belum berupa aspal.

Dari pusat Kota Tulungagung, Kawan harus menempuh jarak 35 kilometer melalui Jl. Raya Popoh.

Selama berada di Pantai Godeg ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti menikmati pemandangan, memancing, camping, dan banyak lagi. Kekurangan dari Pantai Godeg adalah tidak adanya fasilitas tertentu karena wisata ini belum dikelola oleh pemerintah atau masyarakat sekitar.

Pantai Sine

Terakhir saat berada di Tulungagung, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Sine. Surga tersembunyi yang berada di tepi Samudera Hindia ini menyuguhkan hamparan pasir putih, air lautnya yang begitu jernih serta senja merahnya yang begitu sulit untuk dilupakan.

Untuk menikmati anugerah sang pencipta ini Kawan hanya perlu mengeluarkan budget Rp10.000 untuk tiket masuk dan Kawan juga sudah bisa menikmati fasilitas seperti pendopo yang luas, area parkir, toilet, dan mushola.

Selain itu di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung yang bisa dikunjungi saat lapar. Pantai Sine sendiri terletak di Kecamatan Kalidawir Desa Kalibatur dan jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 35 kilometer.

Itu dia 10 rekomendasi pantai di Tulungagung yang masih asri dengan pemandangan yang menakjubkan. Jadi, mau kemana dulu, Kawan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini