Menjelajahi Pantai Sanggar Tulungagung yang Punya Keindahan Tersembunyi

Menjelajahi Pantai Sanggar Tulungagung yang Punya Keindahan Tersembunyi
info gambar utama

Mengunjungi Tulungagung terasa kurang lengkap tanpa menjelajahi pantai-pantainya. Daerah ini kaya akan pantai-pantai dengan panorama luar biasa. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sanggar.

Merupakan surga tersembunyi di Tulungagung yang terletak di bagian selatan Tulungagung. Pantai Sanggar menawarkan keindahan alam yang memukau dan menyajikan pemandangan memesona dengan pasir putih bersih dan air laut biru jernih.

Pantai di Tulungagung ini masih alami dengan pasir dan perairan yang bersih. Keindahan alamnya seperti lukisan hidup yang memukau siapa pun yang datang. Ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi membuat pengalaman berada di pantai ini semakin menyenangkan.

Penasaran dan ingin berkunjung? simak rute dan tips berkunjung dari GNFI dulu yuk!

Letak dan Rute Pantai Sanggar Tulungagung

Terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Pantai Sanggar adalah salah satu destinasi wisata yang menawan di Tulungagung. Hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, akses menuju pantai ini tergolong mudah dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Akses utama menuju Desa Jengglungharjo kini sudah dalam kondisi baik. Namun, untuk mencapai Pantai Sanggar, wisatawan perlu menggunakan kendaraan roda dua. Karena, jalan dari pos parkir kendaraan roda empat menuju pantai masih berupa jalan setapak sepanjang kurang lebih 4 km.

Tapi tenang, bagi yang datang dengan kendaraan roda empat, masyarakat setempat menyediakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp30.000 sekali jalan. Plus, sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah dengan hamparan laut Samudra Hindia yang memukau dari atas bukit.

Daya Tarik Pantai Sanggar Tulungagung

Sebagai salah satu keajaiban alam di Tulungagung, pantai ini dikelilingi oleh panorama tebing batu yang menakjubkan, air laut biru yang jernih, dan bukit hijau yang memanjakan mata. Pemandangan ini membuat pengunjung betah berlama-lama dan enggan beranjak.

Saat berjalan di sepanjang pantai, wisatawan dapat menemukan ikan kecil, bulu babi, bintang laut, udang, dan keong yang bersembunyi di balik karang. Suara ombak yang menenangkan dan angin sepoi-sepoi membuat pengalaman bersantai di sini semakin lengkap. Area pinggir pantai yang teduh dengan banyaknya pepohonan menambah kenyamanan bagi para pengunjung.

Spot Foto Instagramable

Bukit hijau, pasir putih, tebing batu, dan karang-karang yang ada di pantai ini menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan. Latar belakang sunrise dan sunset yang mempesona menjadi spot paling berkesan bagi para wisatawan.

Tempat Camping yang Nyaman

Selain menikmati keindahan laut, wisatawan juga bisa merasakan pengalaman berkemah yang nyaman di sekitar pantai. Suasana malam hari di pantai ini sangat romantis. Kebanyakan wisatawan membawa perlengkapan camping sendiri karena tidak ada persewaan di sekitar pantai.

HTM, Fasilitas dan Aktivitas di Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar menjadi destinasi yang memukau dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp5.000. Dengan biaya tersebut, wisatawan dapat menikmati seluruh keindahan pantai ini sepanjang hari karena jam operasionalnya adalah 24 jam.

Tapi, meskipun letaknya cukup terpencil, Pantai Sanggar memiliki fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat toilet, mushola, tempat sampah, dan area parkir luas.

Dengan segala keindahan dan fasilitasnya, Pantai Sanggar disebut sebagai The Dreamland of Tulungagung, tempat yang sempurna untuk menikmati waktu bersama orang-orang terkasih. Kamu wajib berkunjung deh pokoknya!

Referensi :
https://jengglungharjo.tulungagungdaring.id/2023/12/pantai-sanggar.html
https://www.youtube.com/watch?v=0yKsqjzYqk8&ab_channel=METROTV
https://www.perhutani.co.id/pantai-sanggar-surga-tersembunyi-di-selatan-jawa/
https://www.instagram.com/explore/locations/937576294/pantai-sanggar-tulungagung/
https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/agrika/article/view/437

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini