Misteri Bandara Nusawiru Pangandaran, Jadi Lokasi Kongkow Jin Se-Pulau Jawa

Misteri Bandara Nusawiru Pangandaran, Jadi Lokasi Kongkow Jin Se-Pulau Jawa
info gambar utama

Bandara Nusawiru di Pangandaran menyimpan kisah-kisah mistis yang dipercaya masyarakat sekitar. Konon kawasan bandara milik maskapai swasta jadi lokasi berkumpulnya jin se Pulau Jawa.

Dimuat dari Liputan6, kawasan itu adalah dataran paling tinggi di daerah Cijulang atau dikenal dengan Gunung Amparan. Gunung inilah yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya lelembut di Pulau Jawa, bahkan setelah dibangun jadi bandara.

Menyantap Gurihnya Sate Toe, Kuliner Unik Khas Pangandaran dari Kerang Totok

Budayawan Pangandaran, Erik Krisna Yuda menjelaskan dulu Nusawiru menjadi tempat berkumpulnya para jin se-tanah Jawa. Karena itu jadi wajar jika Bandara Nusawiru banyak diselimuti kisah mistis.

“Dulu pernah terjadi, mau mindahin batu kabuyutan di Karamat Wareng. Tapi nggak bisa. Alat beratnya masih rusak,” kisah Erik.

Banyak cerita mistis

Erika mengungkapan beberapa kesaksian mengenai keangkeran Bandara Nusawiru. Misalnya saat seorang pilot pesawat Susi Air akan landing di Nusawiru. Dia melihat landasan itu seperti sebuah pesantren dengan banyak santri.

“Pengalaman itu pastinya tidak akan terlupakan oleh seorang pilot itu,” katanya.

Selain itu, warga Pangandaran pernah ada yang foto-foto di area Bandara Nusawiru saat waktu itu masih bebas terbuka. Tetapi saat dilihat ada sosok orang berjubah putih panjang tertangkap kamera.

Ikan Marlin Jadi Maskot Khas Kabupaten Pangandaran, Apa Alasannya?

Dia menyebut pengalaman mistis yang dialami beberapa orang ini hanya sekilas pandangan mata. Karena itu, tidak ada orang yang bisa secara sengaja untuk merasakan pengalaman mistis di bandara tersebut.

“Kita tidak bisa melihat dengan sengaja, namun hal itu bisa terjadi tanpa kesengajaan. Namun jika yang terjadi dialami, maka ingatlah kalo kita hidup berdampingan dengan yang gaib,” ujarnya.

Mitos Raja Mandala

Kawasan bandara ini juga lekat dengan cerita mitos Raja Mandala, salah satu raja keturunan Kerajaan Pajajaran. Raja Mandala memiliki 5 anak di antaranya, Aki Gede Nini Gede, Jang Pati, Jang Singa, atau Maung Panjalu, Jang Raga dan Jang Langas.

Kelima anak Raja Mandala diutus untuk menyebar agama Islam ke berbagai wilayah di tanah Jawa. Selain memiliki anak yang diutus menyebarkan agama Islam. Sunan Raja Mandala mempunyai saudara Liman Sanjaya dan Sanghiyang Wiruna.

Wisata di Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, Ini Peran Komunikasi untuk Konservasi Alam

Makamnya yang berada di sekitar bandara angker ini. Hingga kini keberadaan makam tersebut dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Sehingga masyarakat menggap bandara ini menyimpan sisi mistik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini