Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
info gambar utama

Sebagai negara yang dikenal dengan ribuan pantai yang memesona, membuat Indonesia memang jadi surga bahari baik di Asean maupun di dunia. Bahkan, ada pantai yang masih jarang terjamah oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu pantai yang masih jarang terjamah wisatawan itu adalah Pantai Kedung Tumpang, terletak di Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini punya keindahan alam yang luar biasa dan keunikan yang jarang ditemukan di pantai lainnya yang jauh lebih terkenal.

Pantai Kedung Tumpang bukan destinasi wisata yang populer hingga beberapa tahun terakhir. Dahulu, pantai di Tulungagung ini hanya dikenal oleh penduduk lokal sebagai tempat untuk mencari ikan dan mengumpulkan kerang saja. Tapi kini, keindahan ini mulai tereksplor di media sosial dan membuatnya menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Kawan tertarik untuk ke Pantai Kedung Tumpang? Yuk simak daya tariknya!

Daya Tarik Utama Pantai Kedung Tumpang

Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Salah satu daya tarik utama Pantai Kedung Tumpang adalah pemandangan alam yang menakjubkan. Di pantai ini, terdapat kolam-kolam alami yang terbentuk di antara bebatuan karang. Dengan air laut yang jernih dan mengisi kolam-kolam ini, tentu menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan jadi tempat favorit untuk berenang hingga berfoto dengan landscape yang indah.

Tebing dan Batu Karang

Nggak cuma kolam alami, pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan batu karang yang eksotis loh, Kawan. Formasi batuan yang ada dapat memberikan kesan dramatis dan menambah keindahan pemandangan pantai. Bahkan, keindahan ini bisa dinikmati dari tempat yang lebih tinggi.

Punya Keanekaragaman Hayati

Selain keindahan pantainya, Pantai Kedung Tumpang juga punya keanekaragaman hayati. Terumbu karang alami jadi rumah buat berbagai jenis ikan dan biota laut lain yang ada di sini. Kawan bisa melakukan snorkeling di sekitar pantai.

Akses dan Fasilitas

Pantai Kedung Tumpang sendiri terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tulungagung, Jawa Timur. Perjalanan menuju pantai ini memang membuat Kawan harus memerlukan usaha ekstra karena akses jalannya yang cukup menantang dan masih belum jadi perhatian serius. Kawan akan dihadapkan pada jalan setapak dan medan berbatu untuk menuju pantai. Tapi tenang, semua usaha yang Kawan lakukan akan terbayar lunas dengan pemandangan yang luar biasa saat sudah sampai.

Meskipun punya keindahan alam yang luar biasa, Pantai Kedung Tumpang masih belum memiliki fasilitas yang memadai dan tergolong minim. Di sini belum banyak warung makan atau bahkan tempat penginapan di sekitar pantai. Jadi Kawan akan sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri, ya. Tipsnya, pilih penginapan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantainya.

Belum terjamahnya pantai ini membuat suasananya cukup sepi, tenang dan damai. Cocok banget deh buat Kawan yang pengen bersantai dan menjauh dari keramaian. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berenang karena kondisi ombak yang aman,berjemur, berfoto, dan jadi tempat yang ideal untuk bersantai sendirian maupun bersama orang tercinta.

Liburan ke Pantai Gemah Tulungagung, Teluk Pantai di Selatan Jawa Timur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini