Sosialisasi Ide Bisnis UMKM, Pemaparan Tahapan Pembuatan Keripik Kaca oleh KKNT 03 UPNVJT

Sosialisasi Ide Bisnis UMKM, Pemaparan Tahapan Pembuatan Keripik Kaca oleh KKNT 03 UPNVJT
info gambar utama

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur terus mengimplementasikan salah satu Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Tidak hanya dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat, mahasiswa juga dilibatkan dalam pengabdian masyarakat.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) yang dilaksanakan di 2 tempat yaitu Jombang dan Nganjuk. Salah satu kelompok KKNT MBKM, yaitu Kelompok 3 bertempat di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Desa Musir Lor merupakan desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, pegawai negeri, dan pelaku UMKM.

Melihat potensi Desa Musir Lor dalam mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM (KKNT MBKM) Kelompok 3 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur mengadakan sosialisasi tentang tata cara pembuatan kripik kaca demi terciptanya ide UMKM yang segar dan unik.

Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Manfaatkan Limbah Pertanian Jadi Pupuk Organik Cair (POC)

Sosialisasi pembuatan keripik kaca merupakan salah satu program kerja KKNT MBKM Kelompok 3 Desa Musir Lor, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan pada sektor UMKM di Desa Musir Lor dengan terciptanya berbagai varian produk.

Keripik kaca dipilih dikarenakan pembuatannya menggunakan alat dan bahan yang mudah, tetapi menghasilkan cita rasa yang luar biasa, sehingga hal ini dapat menjadi salah satu ciri khas Desa Musir Lor.

Salah satu perwakilan anggota dari KKNT MBKM Kelompok 3 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur bernama Sadewo Pramono Putro mengatakan bahwa UMKM di Desa Musir Lor memiliki antusias yang tinggi. Namun, untuk pemberdayaan bisnis UMKM perlu ditingkatkan sehingga dirasa perlu untuk menciptakan inovasi baru dalam pengolahan produk UMKM.

Ia juga mengatakan program ini dapat terlaksana dengan baik dikarenakan kerja sama dari pelaku UMKM, pemerintah desa, masyarakat, dan juga Dosen Pendamping Lapangan, yaitu Christya Aji Putra.

Program ini dimulai dengan survei kepada warga dan pelaku UMKM selama 2 minggu. Setelah survei, mahasiwa KKNT MBKM Kelompok 3 melakukan uji pembuatan sampel keripik kaca sekaligus pembuatan video untuk dipaparkan pada kegiatan sosialisasi kripik kaca.

Setelah pembuatan sampel dan video tata cara pembuatan keripik kaca, barulah terealisasikan salah satu program KKNT MBKM Kelompok 3 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang berjudul “Sosialisasi Pembuatan Keripik Kaca sebagai Ide Bisnis yang Baru”.

Program ini terlaksanakan pada tanggal 25 Juni 2024 yang dimulai pukul 09.00.

Kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Adapun target dari program ini yaitu anggota Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, pelaku UMKM, serta masyarakat yang berjumlah 30 orang.

Program tersebut dilaksanakan dengan model presentasi, yaitu mahasiswa KKNT MBKM Kelompok 3 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melakukan pemaparan terhadap video yang telah dibuat.

Mahasiswa KKNT UPNVJT Manfaatkan Limbah Padi Jadi Pakan Ternak di Desa Musir Lor

Kemudian program ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh para hadirin. Program inipun mendapat dukungan hangat dari masyarakat Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Selain itu, dalam pemaparan program tersebut mendapatkan banyak sekali pertanyaan dan saran yang disampaikan dari masyarakat Desa Musir Lor yang didominasi oleh para ibu terhadap tahapan dalam pembuatan keripik kaca.

Diharapkan dengan terlaksananya program ini dapat meningkatkan pemberdayaan UMKM pada Desa Musir Lor, sehingga UMKM di Desa Musir Lor dapat berinovasi dengan memiliki produk yang unik dan berkualitas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini