Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Sosialisasikan Ide Bisnis Keripik Jagung di Desa Musir Lor

Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Sosialisasikan Ide Bisnis Keripik Jagung di Desa Musir Lor
info gambar utama

Desa Musir Lor merupakan salah satu desa di Kabupaten Nganjuk yang perkonomian utamanya berada di sektor pertanian. Komoditas unggulannya adalah padi, bawang merah, dan juga jagung. Dengan kondisi tersebut, Desa Musir Lor memiliki potensi dalam bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan komoditas tersebut.

Salah satu komoditas yang berpotensi sebagai peluang usaha ialah jagung. Oleh karena itu, mahasiswa Kelompok 3 KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur yang sedang melaksanakan pengabdian di Desa Musir Lor memanfaatkan peluang tersebut untuk memberikan ide bisnis berupa pembuatan keripik jagung terhadap masyarakat di Desa Musir Lor.

Keripik jagung dapat dibuat dengan cara yang mudah serta alat dan bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah jagung manis, tepung terigu, tepung beras atau maizena, garam, dan penyedap rasa. Cara pembuatannya cukup mudah yang pertama siapkan bahan-bahan yang akan digunakan kemudian cuci jagung hingga bersih dan serut jagung manis hingga terpisah dari batangnya.

Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Melakukan Pelatihan Microsoft Word di SDN 01 Desa Musir Lor

Selanjutnya, masukkan jagung dan sedikit air lalu blender hingga halus dan masak jagung menggunakan api kecil hingga kandungan air tidak terlalu banyak sehingga adonan tidak memiliki tekstur yang terlalu basah.

Setelah itu masukkan dua sendok tepung terigu dan tepung beras atau maizena kedalam wadah dan bisa ditambahkan kembali apabila adonan masih terlalu lembek, lalu campurkan garam serta penyedap rasa secukupnya kemudian aduk adonan hingga tercampur rata dan bentuk adonan menjadi bulat.

Jika adonan sudah terbentuk menjadi bulat, pipihkan adonan meggunakan alat roll sampai adonan menjadi tipis dan jemur adonan di bawah terik matahari namun jangan lupa untuk membalik adonan agar kedua sisi bisa kering secara merata. Setelah adonan dijemur, keripik dapat digoreng di minyak yang panas hingga warnanya berubah menjadi emas kecoklatan dan keripik siap untuk disajikan.

Dengan berbekal uji coba yang telah dilaksanakan, Kelompok 3 KKNT MBKM Desa Musir Lor melaksanakan sosialisasi dan pemaparan ide bisnis keripik jagung tersebut terhadap kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sosialisasi dilaksanakan di balai desa Musir Lor pada hari Sabtu tanggal 25 Mei 2024 bersamaan dengan kegiatan rutin bulanan PKK dengan dihadiri sekitar 40 anggota PKK.

Sosialisasi dilakukan dengan penayangan video tata cara pembuatan keripik jagung beserta narasi dan penjelasan secara langsung oleh kelompok 3. Dalam kegiatan pemaparan tersebut, terlihat antusiasme dari audiens untuk mengetahui lebih jauh mengenai pembuatan keripik jagung. Dalam sesi setelah pemaparan, terdapat beberapa audiens yang tampak menanyakan detail tentang hasil dari video yang telah ditayangkan dan berkeinginan untuk mencoba membuat keripik jagung tersebut secara langsung.

Penyedap Rasa Limbah Kulit Udang dari Tim KKNT Jepara Undip, Alternatif Usaha Warga

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pemaparan keripik jagung ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih kepada audiens yang terlibat serta dapat memberikan ide bisnis yang bisa memberikan peluang usaha dengan nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Hasil panen jagung yang cukup melimpah di sepanjang tahun dapat diolah menjadi makanan yang menambah harga jual yang cukup menguntungkan bagi masyarakat di desa Musir Lor.

Ditambah lagi, selain persediaannya yang melimpah, jagung juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi untuk dapat dikonsumsi. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan ide dan pengetahuan baru mengenai pengolahan jagung yang tentunya juga dapat menambah industri UMKM di sektor makanan untuk bertambah dan berkembang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini