SDGs Pendidikan Desa Berkualitas, GEMPITA oleh Mahasiswa KKN-T UPNVJT di Hari Pendidikan

SDGs Pendidikan Desa Berkualitas, GEMPITA oleh Mahasiswa KKN-T UPNVJT di Hari Pendidikan
info gambar utama

Pendidikan adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. – Ki HajarDewantara

Sehubungan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Kamis (2/5/2024), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2024 UPN Veteran Jawa Timur menggelar serangkaian lomba untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan di masyarakat.

Acara yang diberi nama GEMPITA (GEbyar Mlorah PInTar) diselenggarakan di Balai Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk ini menjadi wujud nyata dari peran mahasiswa dalam memberdayakan dan menyemangati masyarakat sekitar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Mahasiswa KKN-T UPNVJT Realisasikan SDGs pada UMKM Salad Buah di Desa Mlorah
Lomba mewarnai anak-anak PAUD di acara GEMPITA Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat dengan Hardiknas merupakan hari penting untuk memperingati betapa pentingnya dunia pendidikan dalam membangun kecerdasan bangsa, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di Indonesia. Dalam lomba yang diadakan, mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur menunjukkan inisiatif kreatif mereka dalam mempromosikan pentingnya pendidikan.

Lomba tersebut mencakup kegiatan seperti lomba cerdas cermat, lomba mewarnai untuk anak-anak, dan lomba fashion show dengan tema berbagai profesi yang ditujukan untuk memberikan gambaran bahwa pendidikan itu adalah jalan untuk mencapai cita-cita.

Sambutan singkat dan kata-kata pengantar yang menyiratkan pentingnya pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas yang di sampaikan oleh ketua kelompok KKN juga selaku ketua pelaksana acara GEMPITA ini, serta Mylanta Diky sebagai perwakilan dari perangkat desa setempat dan ketua PKK menjadi pembuka dari acara GEMPITA (Gebyar Mlorah Pintar).

Tujuan dari lomba-lomba ini bukan hanya untuk menciptakan atmosfer meriah dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, tetapi juga untuk mengajak masyarakat secara langsung berpartisipasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekitar.

Implementasikan SDGs Pendidikan, Mahasiswa KKN-T UPNVJT Mengajar Prakarya di SDN 3 Mlorah

Acara pada hari itu berlangsung dengan lancar dan meriah meskipun ada sedikit kendala. Namun, hal tersebut tidak menghambat jalannya lomba hari pendidikan nasional ini. Pada acara GEMPITA (Gebyar Mlorah Pintar) ini dimeriahkan oleh anak-anak dari berbagai TK di desa mlorah, yaitu TK Dharma Wanita 1, TK Dharma Wanita 2, Tk Dharma Wanita 3, dan TK khadijah 3 yang mengikuti lomba mewarnai dengan tema Hari Pendidikan Nasional.

Tak hanya itu, ada juga perangkat desa, perwakilan tiap dusun, dan tenaga pendidik yang juga ikut serta dalam serangkaian acara cerdas cermat dan fashion show yang mengusung konsep profesi. Acara GEMPITA (Gebyar Mlorah Pintar) diakhiri dengan pengumuman juara tiap kategori lomba dan tiap kasun serta tiap perwakilan sekolah mendapatkan hadiah untuk menghindari kecemburuan dari yang lainnya.

Penyerahan hadiah lomba mewarnai tema hari pendidikan di acara GEMPITA Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Tujuan utama dari lomba-lomba ini adalah untuk mendorong kolaborasi antara mahasiswa KKN dan masyarakat dalam memperkuat kesadaran akan pentingnya pendidikan. Tim mahasiswa percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk mencapai kemajuan dan mengatasi berbagai tantangan sosial.

Dengan melibatkan masyarakat secara aktif melalui acara seperti ini, tim KKN berharap dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan.

Acara lomba ini juga mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah setempat, lembaga swadaya masyarakat, dan institusi pendidikan. Diharapkan bahwa melalui kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, langkah-langkah konkret dapat diambil untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di berbagai daerah, sehingga visi pendidikan yang inklusif dan berkualitas dapat menjadi kenyataan bagi semua anak Indonesia.

5 Manfaat Mengikuti Kampus Mengajar, Salah Satunya Bisa Lulus Kuliah Tanpa KKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini