Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Melakukan Pelatihan Microsoft Word di SDN 01 Desa Musir Lor

Mahasiswa KKNT 03 UPNVJT Melakukan Pelatihan Microsoft Word di SDN 01 Desa Musir Lor
info gambar utama

“Jangan sekali kali melawan teknologi.” Pepatah tersebut tentunya menggambarkan era digital seperti saat ini. Dalam kehidupan sehari hari, teknologi sangat diperlukan guna mempermudah kehidupan. Hal ini tentunya mengakibatkan berubahnya pola perilaku masyarakat yang mengharuskan masyarakat bekerja dengan memanfaatkan teknologi yang ada, misalnya mengetik.

Zaman dahulu, mengetik dilakukan dengan mesin ketik. Namun, saat ini sudah menggunakan sudah ada teknologi terbaru yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi, yaitu Microsoft Word.

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang memiliki banyak fungsi, seperti membuat dokumen, mengerjakan tugas, membuat surat, dan masih banyak lagi. Karena cukup banyak manfaat dari Microsoft Word, Kuliah Kerja Nyata Tematik Kelompok 3 Desa Musir Lor, UPN "Veteran" Jawa Timur menjalankan program pelatihan untuk aplikasi tersebut.

Program ini harus dijalankan agar siswa SDN 01 Musir Lor dapat mengaplikasikan Microsoft Word dengan baik dan benar. Program tersebut bertujuan untuk mengenalkan Microsoft Word yang di era digital masa kini. Anak sudah dituntut untuk bisa mengetik maupun mengenal fitur Mircrosoft Word guna mengerjakam tugas ataupun hal lain yang berbau dengan mengetik.

5 Manfaat Mengikuti Kampus Mengajar, Salah Satunya Bisa Lulus Kuliah Tanpa KKN

Aktivitas tersebut dilaksanakan pada 7 Mei 2024 yang berlokasi di SDN 01 Musir Lor. Adapun kegiatan ditargetkan untuk kelas 4.

Pelatihan Microsoft Word ini dimulai dengan mengatur jadwal sekaligus berdiskusi dengan kepala sekolah serta guru SDN 01 Musir Lor. Program kemudian disepakati dengan metode workshop. Pelaksanaannya dibuka oleh Sekar Arum Pratiwi, salah satu mahasiswa KKN, dengan langsung membahas isi dari Microsoft Word.

Adapun isi materi adalah bagaimana cara mengetik dan berbagai fitur yanga da di dalamnya, seperti bold, fitur italic , fitur underline, fitur text colour, font, hingga fitur highlight colour. Setelah dijelaskan, siswa langsung melakukan praktik dengan cara menulis nama, nomor presensi, hobi, dan cita-cita. Selanjutnya, siswa diinstruksikan untuk mengedit tulisannya dengan pendampingan oleh anggota kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik Kelompok 03 Desa Musir Lor.

Siswa kelas 4 SDN 01 Desa Musir Lor terlihat sangat antusias dan serius dalam mengikuti program ini. Siswa juga telah menyadari pentingnya teknologi di masa kini. Sayangnya, memang tidak sedikit siswa yang terkendala dengan sarana dan prasarana. Selain itu agar tidak bosan, pelatihan dibuat dengan suasana yang santai tetapi serius. Dengan demikian, siswa kelas 4 SDN 01 Musir Lor masih dapat menyimak isi materi dengan sesekali disisipkan candaan dan gurauan.

“Program ini sangat bermanfaat bagi siswa guna bekal untuk menempuh jenjang selanjutnya. Sungguh senang dapat berbagi ilmu dengan siswa kelas 4 SDN 01 Desa Musir Lor,” ujar Hafizh, salah satu mahasiswa KKN di sana.

Dengan dijalankannya pelatihan mengetik ini, diharapkan dapat menjadikan siswa kelas 4 SDN 01 Musir Lor untuk dapat mengoperasikan Microsoft Word dengan baik dan benar. Efisiensi dan efektivitas dalam pengerjaan tugas ataupun pekerjaan mengetik lainnya pun juga meningkat. Selain itu, program yang berjalan semoga membuat siswa menjadi melek teknologi, yang mana sangat penting untuk dikuasai di masa kini.

Bersama Masyarakat, Tim KKN-PPM UGM Kelana Kendal Optimalkan Potensi UMKM di Desa Majasem

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini