Viral Lapangan Sepak Bola Tembagapura, Diklaim Terindah di Dunia

Viral Lapangan Sepak Bola Tembagapura, Diklaim Terindah di Dunia
info gambar utama

Video unggahan pengguna Instagram kembali menjadi sorotan. Kali ini, sebuah video pemandangan lapangan sepak bola dengan latar barisan pegunungan viral di media sosial.

Lapangan sepak bola itu berada di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Video viral tersebut pertama kali diunggah oleh @ihsanworld pada 3 Desember 2023 lalu.

Dalam tayangan video pendek menunjukkan sejumlah orang sedang bermain bola di lapangan yang merupakan Sporthall Tembagapura.

Sporthall Tembagapura terletak di lembah pada ketinggian 2.000 meter di atas laut (mdpl). Bahkan, disebut sebagai salah satu lapangan sepak bola terindah di dunia yang berada di ketinggian.

Keindahan lapangan itu pun mencuri perhatian netizen. Banyak yang tak menyangka lokasinya berada di Indonesia karena seperti di luar negeri. Ada pula yang menyebutnya mirip di negeri dongeng.

Baca juga Distrik Tembagapura, Kota Emas di Atas Awan yang Kini Usianya Setengah Abad

Keindahan Distrik Tembagapura

Tembagapura dikenal sebagai kota tambang atau sebuah distrik yang terletak di Mimika, Papua Tengah. Distrik ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1973, dan dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Sebagai salah satu wilayah yang menjadi aset nasional, Tembagapura dijaga dengan ketat. Tidak sembarangan orang bisa masuk ke distrik ini kecuali mereka yang pekerja tambang.

Tembagapura memiliki suasana yang mirip seperti di Amerika Serikat dan segi tata lingkungannya dan arsitektur bangunannya. Mulai dari fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, sarana olahraga, sekolah, hingga kafe, semuanya tersedia di sana.

Suasana alam berada di pegunungan membuat Tembagapura memiliki daya tarik tersendiri. Kabut kerap kali menutupi distrik dengan suhu 3–20 derajat Celcius. Daerah ini sering juga dijuluki sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Baca juga Minimarket Viral di Bali, Sajikan Panorama Indah Gunung Batur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini