Jawa Barat akan miliki Bandara dengan Runway Terpanjang Kedua di Indonesia

Jawa Barat akan miliki Bandara dengan Runway Terpanjang Kedua di Indonesia
info gambar utama

Dinas Perhubungan Jawa Barat menyatakan landas pacu Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan menjadi yang terpanjang kedua di Indonesia setelah Bandara Hang Nadim Batam, yaitu 4.025 meter.

"Kalau ini sudah jadi semuanya, total runway Bandara Kertajati ini 4.000 meter dan ini akan menjadi runway kedua terpanjang di Indonesia setelah Batam," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Deddy Taufik saat mendampingi kunjungan kerja Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa ke lokasi pembangunan runway Bandara Kertajati, di Kabupaten Majalengka, Rabu (4/11/2015).

bandara kertajati

Ia menjelaskan hingga saat ini panjang landas pacu Bandara Kertajati yang telah dibangun adalah 2.500 meter dari panjang total 4.000 meter. "Tahap pertama runway yang sudah existing adalah 2.500 meter. Mudah-mudahan target 4.000 meter ini bisa terkejar tepat waktu," kata dia.

Pihaknya juga optimistis pembangunan Bandara Kertajati ini bisa selesai pada tahun 2017. "Yang terpenting ialah kami optimis penerbangan pertama di bandara ini bisa dilakukan pada tahun 2017 mendatang," ujarnya.

Selain panjangnya yang diklaim akan mampu mendaratkan pesawat ukuran jumbo. Menara ATC dari bandara ini juga akan dibangun unik. Yakni dengan desain menyerupai kujang.

"Bentuk menara ATC akan lebih modern dan unik. Jadi memiliki ciri khas Jawa Barat, yakni akan mirip seperti Kujang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik

Sementara itu, Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menuntaskan seluruh hambatan dalam proses pembebasan lahan di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Menurut Iwa, pihaknya dan Pemerintah Kabupaten Majalengka menyepakati kerja sama dan menyamakan langkah untuk segera menuntaskan pembebasan dan persoalan sosial di wilayah terdampak Bandara Kertajati. Bandara Kerjati Ia menuturkan ada sejumlah persoalan di lapangan yang harus diambil tindakan cepat agar tidak menjadi masalah sosial yang berlarut-larut seperti pengalokasian anggaran untuk pembebasan lahan. "Jadi dari APBD 2015 kita sudah alokasikan Rp133 miliar untuk membebaskan lahan 70,46 hektare," katanya.

Ia mengatakan lahan yang dibebaskan tersebut untuk keperluan landas pacu sepanjang 4.000 meter dengan luas sekitar 36 hektare. Lalu pembebasan tanah kas desa Bantar Jati seluas 3,6 hektare, jalan akses Pemakaman Umum 10 hektar, dan tanah masyarakat 14 hektare. "Progres lahan BIJB sampai saat ini 873,73 hektare termasuk tanah khas desa 80 hektare," ujarnya.

"Saya harap semua mendukung. Jangan ada satu pihakpun yang menyandera terhadap pembangunan ini. Kalau ada orang yang berpikir itu (mengganggu) harus berpikir ulang. Karena ini untuk kepentingan masyarakat besar Jabar," pungkas Iwa metrotvnews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini